https://infosehatcantik.web.id/
Berita UnikBaca Kumpulan Berita Unik Aneh Terbaru

5 Hal yang Harus Dilakukan Sebelum Mewarnai Rambut

5 Hal yang Harus Dilakukan Sebelum Mewarnai Rambut – Bagi sebagian orang mempunyai penampilan yang berubah-ubah merupakan kesenangan tersendiri dan sudah menjadi kebiasaan. Salah satu cara mudah dan cepat untuk merubah penampilan yaitu dengan mewarnai rambut. Hal ini dapat dengan mudah dilakukan karena banyaknya salon kecantikan yang menawarkan jasa mewarnai rambut dan juga banyak dijual produk pewarna rambut yang praktis sehingga kita dapat mewarnai sendiri tanpa harus pergi ke salon.

Namun demikian ada beberapa perawatan khusus yang perlu kita lakukan  supaya warna rambut tetap bertahan dengan baik dan sekaligus tetap memancarkan kilau secara alami. Mengapa perlu perawatan khusus?

Karena dengan menjaga warna rambut tetap berkilau maka warna rambut tidak cepat pudar sehingga tidak perlu sesering mungkin melakukan pewarnaan rambut kembali.

Nah sebelum kamu melakukan pewarnaan rambut, ada baiknya melakukan beberapa tips agar kilau rambut sesudah diwarnai akan tetap terjaga dan warna rambut juga tetap bertahan. Beberapa tips tersebut adalah sebagai berikut:

5 Hal yang Harus Dilakukan Sebelum Mewarnai Rambut


1. Memilih warna cat rambut yang tepat


Sebelum melakukan pewarnaan rambut, perlu diingat bahwa warna cat rambut apa pun yang akan kita gunakan nanti akan sangat mempengaruhi penampilan kita untuk jangka waktu tertentu. Karena itu harus dipikirkan dengan matang dalam memilih warna cat rambut yang akan diaplikasikan pada rambut kita.

Apabila kamu bingung dalam memilih warna cat rambut yang cocok untuk rambutmu, gunakan saja warna cat rambut alami sebagai patokan untuk mendapatkan warna rambut yang tepat.

Pemilihan warna cat rambut dua tingkat lebih gelap atau lebih terang dari warna rambut yang asli juga dapat dilakukan agar warna rambut tersebut dapat menonjolkan warna kulit yang kita miliki.

Jangan lupa setelah mendapatkan warna cat rambut yang sesuai dan sudah diaplikasikan ke mahkota kita, gunakan secara rutin kondisioner yang khusus untuk rambut yang diwarnai yang sangat bermanfaat untuk melindungi rambut kita agar kilau dan kesehatan rambut kita tetap terjaga.


2. Melakukan Tes Alergi


Melakukan tes alergi adalah hal yang diperlukan sebelum mewarnai rambut. Namun kadang orang lupa melakukan hal tersebut atau malah mungkin mengabaikannya. 


Padahal dengan melakukan tes alergi maka dapat diketahui apakah bahan kimia yang terkandung di dalam produk pewarna rambut yang akan digunakan akan menimbulkan resiko alergi terhadap kita.

Tes alergi dapat dilakukan dengan mudah yaitu dengan cara mengoleskan sedikit pewarna rambut yang akan kita gunakan ke bagian bawah telinga dan diamkan selama 48jam. 


Ganti produk pewarna rambut atau lupakan keinginan mewarnai rambut apabila setelah 48 jam terjadi iritasi atau timbul gatal pada bagian yang diolesi produk pewarna rambut tersebut. 


Sebaliknya, produk tersebut akan aman digunakan apabila tidak terjadi keluhan apa-apa atau iritasi setelah 48 jam.


3. Melihat Kondisi Rambut


Rambut yang sehat merupakan syarat utama dalam mewarnai rambut. Karena itu selain melakukan tes alergi, hal penting yang harus dilakukan sebelum mewarnai rambut adalah melihat kondisi rambut kita. 


Mengapa? 


Karena apabila kondisi rambut dalam keadaan sehat maka pewarna rambut akan bekerja lebih baik sehingga warna rambut dapat bertahan lebih lama dan terlihat lebih jelas.

Jika kondisi rambut sedang dalam kondisi yang rusak maka hindari mewarnai rambut karena menggunakan cat rambut di saat rambut sedang rusak justru akan memperparah kerusakan pada rambut. 


Rambut yang rusak harus diperbaiki dulu agar menjadi sehat kembali dan setelah itu barulah rambut bisa diwarnai sesuai dengan warna pilihan kita.


4. Gunakan Bantuan Penata Rambut Profesional

Walaupun sekarang ini di pasaran banyak dijual produk pewarna rambut yang dapat digunakan sendiri di rumah, namun sebaiknya hindari mewarnai rambut sendiri tanpa bantuan penata rambut profesional. 

Terlebih apabila menginginkan pemakaian beberapa warna rambut sekaligus yang tentunya menggunakan teknik pewarnaan rambut yang rumit, jangan segan-segan untuk datang ke salon dan meminta bantuan penata rambut profesional untuk melakukannya. Karena selain dapat terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan, kita juga mendapatkan pewarnaan rambut yang sempurna.

Dengan adanya penata rambut yang professional kita juga bisa menanyakan hal-hal penting seputar perawatan rambut yang diwarnai, seperti misalkan jenis shampo yang sesuai dengan jenis rambut yang kita miliki agar tetap sehat dan tidak mudah rontok setelah diwarnai.


5. Waktu Yang Tepat Untuk Mencuci Rambut

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal setelah pewarnaan rambut, hindari mencuci rambut pada malam sebelum atau pada hari yang sama dengan saat kamu mewarnai rambut. Hal ini dikarenakan agar shampo tidak menghilangkan minyak alami yang terkandung pada rambut.

Biasanya penata rambut akan mengingatkan kamu untuk tidak keramas selama dua atau tiga hari setelah mewarnai rambut agar warna rambut meresap dan terlihat bagus. 

Hindari juga mencuci rambut sesering mungkin supaya warna cat rambut tidak cepat pudar. Selain itu penggunaan dry shampoo dapat dilakukan untuk mengurangi frekuensi mencuci rambut setelah pewarnaan.


Demikian 5 hal yang harus dilakukan sebelum mewarnai rambut. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

2 Comments
    • infosehatcantik

Leave a Reply