https://infosehatcantik.web.id/
Berita UnikBaca Kumpulan Berita Unik Aneh Terbaru

Daftar Makanan Yang Mengandung Kolagen Tinggi Untuk Kecantikan Kulit

Sama seperti halnya fondasi sebuah bangunan, kolagen merupakan fondasi jaringan ikat yang mendukung struktur kulit, sehingga membuatnya penting bagi kulit. Tetapi seiring bertambahnya usia, tubuh pun semakin sedikit dalam memproduksi kolagen yang pada akhirnya akan menyebabkan kulit menjadi keriput, kendor, dan masalah kulit lainnya pun berdatangan. Tidak hanya itu, sinar UV, polusi, radikal bebas juga ikut bertanggung jawab dalam menghancurkan kolagen alami dalam tubuh.

Oleh sebab itu, sekarang banyak orang mencari sumber kolagen untuk memperbaiki masalah kulit mereka. Karena kolagen sangat penting untuk memerangi tanda-tanda penuaan dini, meningkatkan kesehatan sendi, meningkatkan metabolisme, meningkatkan kesehatan mental, mengurangi timbulnya selulit, menguatkan rambut dan kuku, dan masih banyak manfaat lainnya.

Apa itu kolagen?

Kolagen merupakan sejenis protein yang ditemukan pada kulit, tulang, persendian, dan juga lapisan usus. Kolagen ini bekerja dengan keratin untuk memberikan kulit kekuatan, kehalusan, elastisitas, dan ketahanan.

Kolagen dalam tubuh terdiri dari asam amino yang terdiri dari gycine, proline, hydroxyproline, dan hydroxylysine. Protein kolagen ditemukan pada lapisan kedua kulit (dermis) yang kemudian digabungkan bersama ke seluruh dermis.

Mengapa tubuh butuh kolagen?

Tubuh kita mampu memproduksi kolagen dari asam amino makanan yang kita konsumsi. Tetapi seiring bertambahnya usia, tubuh tidak mampu menghasilkan kolagen yang diperlukan. Ketika kita berusia 30 tahun produksi kolagen berkurang sekitar 1-2% setiap tahunnya, dan pada usia 40 tahun, tubuh kita telah kehilangan 10-20% kolagen.

Oleh karena itu, sangat penting sekali sejak dini kita mengkonsumsi makanan yang mengandung kolagen untuk mencukupi kebutuhan tubuh kita. Lalu apa saja sih makanan yang mengandung kolagen itu? Ini dia beberapa makanan yang kaya akan kolagen dan baik untuk tubuh kita.

Daftar Makanan yang Mengandung Kolagen

Berikut ini beberapa jenis makanan yang mengandung kolegan alami, jika di konsumsi secara rutin makan produksi kolagen di dalam tubuh dapat meningkat dan membantu mempercantik kulit dari dalam. Apa saja jenis makanannya ? Inilah daftarnya

Kubis

Kubis untuk meningkatkan kolagen

Percaya atau tidak ternyata kubis merupakan salah satu makanan yang dapat meningkatkan produksi kolagen. Kubis yang memiliki kandungan antioksidan dan fitonutrien, seperti lutenin, tiosianat, zeaxanthin, isothiocynate dan sulforaphane ini dapat meningkatkan hidrasi kulit dan elastisitasnya.

Kubis merupakan sumber dari serat, vitamin B6, folat, mangan, zat besi, magnesium, fosfor, kalsium, potassium dan vitamin K ini akan membantu menguatkan tulang, mengurangi tekanan darah tinggi, membantu proses metabolisme serta mencegah penyakit Alzheimer.

Ikan

Asam lemak omega-3 penting untuk menjaga kesehatan kulit dan salah satu makanan yang memiliki kandungan omega-3 yang baik adalah ikan, terutama ikan tuna dan salmon. Kandungan omega-3 pada ikan tuna dan salmon dapat mencegah kerusakan kolagen yang disebabkan polusi dan radikal bebas. Paparan sinar UV yang berlebihan akan merusak sintesis kolagen dan meningkatkan peradangan pada kulit. Omega-3 yang baik dikonsumsi adalah dari makanan laut karena sangat membantu melawan peradangan dan juga melindungi kolagen dalam tubuh. Selain dengan cara memakan dagingnya, Anda juga dapat mengkonsumsi minyak ikan salmon secara rutin untuk meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh.

Alpukat

Tidak hanya enak dimakan dan dijadikan minuman, alpukat ternyata memiliki manfaat menakjubkan untuk kulitmu. Alpukat yang kaya akan vitamin E akan membantu melawan radikal bebas dan juga menyediakan asam lemak omega-3 untuk meningkatkan produksi kolagen. Jadi, mulai sekarang pilih alpukat sebagai makanan favoritmu. Cara mudah dan efektif meningkatkan kolagen alami dalam tubuh dalah dengan mengurangi asupan karbohidrat seperti nasi, tepung, kentang dan turunannya gantilah dengan alpukat. Cobain deh rutin konsumsi alpukat sebagai pengganti karbohidrat Anda selama 2 minggu rasakan perbedaannya pada kulit.

Buah dan Sayuran Berwarna Merah

Buah untuk meningkatkan kolagen kulit

Setiap buah dan sayuran memiliki warnanya masing-masing dan itu menjadi pertanda bahwa mereka juga memiliki manfaat yang berbeda-beda untuk tubuh kita. Buah dan sayuran yang berwarna merah memiliki kandungan lycopene yang bertindak sebagai antioksidan sekaligus berfungsi untuk meningkatkan produksi kolagen. Kandungan vitamin C-nya pun sangat efektif dalam menghasilkan kolagen dalam tubuh. Jadi, jangan singkirkan buah dan sayuran berwarna merah, seperti tomat, cabai, paprika merah, strawberi, ceri, bit dan lain-lain. Karena mereka akan membantu dalam mengurangi risiko kanker, degenerasi makula dan penyakit jantung. Dan juga meningkatkan kesehatan kulit, memperlambat penuaan dini, dan tentunya kulit menjadi awet muda.

Kacang-kacangan

Kacang untuk meningkatkan kolagen kulit

Kacang-kacangan merupakan makanan yang lezat dan juga memiliki kandungan vitamin E dan asam hialuronat. Asam hialuronat membantu dalam meningkatkan hidrasi kulit, menjaga kelembaban kulit, meningkatkan elastisitas kulit, meningkatkan sintesis kolagen, memberi nutrisi untuk pertumbuhan sel kulit yang sehat. Vitamin E membantu mengatasi radikal bebas dan mencegah kerusakan yang akan membuat keriput serta kulit kendur. Anda dapat rutin mengonsumsi kacang-kacangan seperti kacang Almond, kacang kedelai, edamame atau mungkin kacang merah. Tambahkan kacang-kacangan di menu makanan Anda sehari hari dan tingkatkan jumlah konsumsinya.

Bawang Putih

bawang putih untuk meningkatkan kolagen kulit

Meski kecil tetapi bawang putih kaya akan belerang, asam lipoat, dan taurin. Dimana semua kandungan tersebut akan membantu untuk membangun kembali serat kolagen yang telah rusak. Tidak hanya membangun kembali kolagen yang telah rusak, bawang putih juga akan memproduksi kolagen untuk kebutuhan tubuh kita. Cara mengkonsumsi bawang putih yang aman untuk gigi adalah dengan membuat acar bawang putih. Masukkan bawang putih ke dalam cuka apel, tunggu selama 14 hari setelah itu anda dapat memakannya langsung dan meminum cairan cuka apelnya. Selain meningkatkan kolagen kulit secara alami, cara ini juga efektif untuk mengurangi kadar lemak jahat di dalam tubuh.

Wortel

wortel meningkatkan kolagen kulit

Memiliki kandungan vitamin A yang tinggi, wortel dapat meningkatkan elastisitas kulit serta membantu mengembalikan kolagen secara alami, dan juga meningkatkan aliran darah ke permukaan kulit. Wortel  juga mencegah terjadinya penuaan dini pada kulit, selain itu juga memperbaiki struktur sel epidermis yang akan melindungi dari sinar UV dan mengurangi melanin yang akan membuat kulit menjadi gelap. Juga akan mengurangi produksi sebum yang membuat kulit menjadi berminyak. Anda dapat membuat juice wortel campur dengan tomat secara rutin untuk membantu mempercantik kulit dari dalam, selain itu anda dapat memisahkan antara ampas juice dan airnya. Air untuk diminum ampasnya untuk membuat masker wajah.

Citrus

Citrus meningkatkan produksi kolagen kulit

Buah-buahan citrus seperti jeruk, lemon, jeruk nipis, grapefruit memiliki kandungan vitamin C dan antioksidan yang tinggi untuk mencegah enzim dan radikal bebas menghancurkan kolagen. Kandungan vitamin C dalam buah-buahan citrus memiliki kemampuan untuk membantu asam amino berubah menjadi kolagen. Sehingga produksi kolagen dalam tubuh meningkat, dan membuat kulit menjadi awet muda, sehat, dan cerah bercahaya.

Ubi

ubi makanan yang meningkatkan produksi kolagen

Memiliki rasa yang manis, ubi ternyata juga merupakan salah satu makanan yang dapat meningkatkan kolagen dalam tubuh kita. Hal ini karena kandungan vitamin A pada ubi yang meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh serta menjaga agar kulit dan persendian tetap sehat. Selain itu, vitamin A juga akan membantu pertumbuhan sel baru yang memainkan peran penting dalam pembentukan normal dan pemeliharaan organ tubuh yang sebagian besar adalah kulit.

Telur

Telur makanan untuk meningkatkan kolagen tubuh

Merupakan salah satu sumber protein yang kaya akan kandungan kolin dan vitamin B. Dimana kolin dan vitamin B akan diubah menjadi glisin yang merupakan salah satu asam amino yang berperan penting dalam memproduksi kolagen. Tidak perlu khawatir dengan kolesterol karena orang sehat bisa makan sampai 300 mg kolesterol per hari, dan bagi mereka yang menderita diabetes, kolesterol tinggi, atau penyakit jantung dampat mengkonsumsi hingga 200 mg kolesterol per hari. Jadi, jangan takut lagi untuk mengkonsumsi telur.

Sayuran Hijau Gelap

Sayuran hijau untuk meningkatkan kolagen kulit

sumber : healthsomeness

Tidak hanya bagus untuk tubuh, sayuran berwarna hijau gelap juga bagus untuk kulit. Sayuran berwarna hijau gelap memiliki kandungan mineral, vitamin C, dan juga antioksidan yang tinggi. Dimana semua kandungan itu akan membantu menghasilkan kolagen untuk mencukupi kebutuhan kulit kita. Sayuran berwarna hijau gelap akan meningkatkan hidrasi dan elastisitas kulit, serta mengatasi keriput. Kamu dapat memakan syuran berwarna hijau gelap, seperti bayam, kangkung, kale, asparagus, dan sayur berdaun hijau gelap lainnya.

Berri

buah berry meningkatkan kolagen kulit

sumber : bewell

Buah berry mulai dari raspberry, blackberry, blueberry, strawberry, dan berry lainnya memiliki kandungan vitamin C dan asam ellagic yang sudah terbukti dapat mencegah kerusakan kolagen dan kerusakan kulit dari sinar UV. Selain melindungi dari tanda-tanda penuaan dini, buah berry juga membantu dalam memproduksi kolagen, melindungi dari radikal bebas, menjaga kulit tetap halus, dan membantu mengatasi kulit kemerahan karena sensitive.

White Tea

White Tea meningkatkan kolagen kulit

White tea dapat membantu melindungi protein structural kulit, khususnya kolagen. Yang diyakini dapat mencegah aktivitas enzim untuk memecah kolagen yang dapat menyebabkan keriput dan munculnya garis-garis halus pada wajah. Selain itu, white tea akan membuat kulit menjadi awet muda, elastis, dan memperbaiki kerusakan sel kulit. Dan dibandingkan dengan teh hijau, white tea 3-6 kali lebih efektif dalam melindungi kolagen pada kulit.

Tiram

Tiram makanan mengadung kolagen tinggi

Tiram merupakan salah satu makanan yang memiliki sumber seng alami dan merupakan elemen penting dalam proses pembuatan kolagen. Selain seng alami, tiram juga memiliki kandungan vitamin B12, zat besi, tembaga. Tiram juga mengandung asam lemak omega-3 dan vitamin E yang juga berkontribusi dalam menghasilkan kolagen.

Buah Zaitun Hitam dan Hijau

sumber : orogold

Tidak hanya minyak zaitunnya saja yang sangat baik untuk kecantikan, tetapi zaitun dalam bentuk buah pun memiliki manfaat yang bagus untuk kecantikan, baik itu buah zaitun hitam maupun hijau. Buah zaitun kaya akan kandungan belerangnya yang membantu dalam pembentukan kolagen. Kandungan sulfurnya dapat membantu mengurangi minyak berlebih, jerawat, dan mencegah pori-pori tersumbat. Jadi, jangan ragu lagi untuk mengkonsumsi buah zaitun agar kolagen dalam tubuh tetap terjaga.

Cara Efektif Meningkatkan Produksi Kolagen Kulit

Setelah Anda mengetahui jenis jenis makanan yang mengandung kolagen sekarang bagaimana cara meningkatkan produksi kolagen kulit yang efektif ? Intinya pada pola makan Anda, kolagen dalam tubuh akan meningkat beberapa kali lipat saat Anda mengurangi konsumsi gua dan karbohidrat serta membiasakan diri tubuh dalam keadaan lapar (puasa) daripada kenyang. Kalaupun makan usakanan berhenti sebelum kenyang. Dari daftar makanan diatas yang di rekomendasikan untuk di konsumsi lebih banyak adalah makanan yang tidak terlalu manis dan rendah karbohidrat.

The post Daftar Makanan Yang Mengandung Kolagen Tinggi Untuk Kecantikan Kulit appeared first on Sahabat Wanita Cerdas.

Leave a Reply