https://infosehatcantik.web.id/
Berita UnikBaca Kumpulan Berita Unik Aneh Terbaru

Ini Cara Membersihkan Vagina yang Benar

Banyak sekali para perempuan yang paranoid tentang bagaimana menjaga kebersihan vagina. Beberapa perempuan bahkan mengalami masalah bau dan gatal pada vagina. Tentunya hal ini membuat perempuan merasa tidak nyaman. Apalagi pasangan kita, tentu mereka juga tidak nyaman. Salah satu faktor penyebab munculnya masalah ini mungkin saja dikarenakan proses mencuci vagina yang salah. Bagaimana cara membersihkan vagina dengan benar? ikuti tips berikut ini

  • Membersihkan vagina di┬árumah gunakan busa dan kain lap dengan sabun lembut dan air mengalir. Hindari menggunakan sabun yang memiliki parfum atau gel antiseptic yang dapat membuang keseimbangan bakteri sehat dan mengiritasi kulit sensitif di sekitar vagina. Sabun cenderung mengiritasi vagina anda.Jjika ingin membersihkannya, bersihkan saja pada daerah sekitar vulva dengan sabun polos, sabun tanpa pewangi.
  • Jauhkan lap anda dari daerah vagina apabila lap yang digunakan telah menyentuh daerah dubur. Dengan menggunakan lap yang telah menyentuh area dubur, maka kuman di area dubur akan berpindah ke daerah vagina. Kuman inilah yang dapat menjadi penyebab munculnya beberapa penyakit, seperti infeksi saluran kemih. Cucilah vagina setidaknya sekali sehari. Jika anda melakukan hubungan seksual, mungkin saja anda juga akan membersihkannya agar terasa segar, walaupun pencucian ini tidak akan mencegah anda untuk hamil.
  • Cukur juga bulu kemaluan anda. Rambut kemaluan yang terlalu tebal dapat menyebabkan anda berkeringat yang dapat menimbulkan masalah bau.
  • Tetaplah hidup bersih selama anda mendapatkan periode menstruasi anda. Gantilah pembalut anda seeing mungkin. Jangan terlalu lama menggunakannya. Jika anda khawatir tentang bagaimana kebersihannya, anda dapat mencuci vagina 2- 3 kali dalam sehari.
  • Gunakan pakaian katun untuk membantu vagina tetap bernafas, sehingga mampu mengurangi produksi keringat. Penggunaan bahan katun ini juga mampu mencegah bau pada vagina.
  • Gunakan pantyliners. Jika berminat, mengapa anda tidak anda tidak mencoba reusable pantyliner. Pantyliner ini dapat digunakan kembali hanya dengan mencucinya. Memang aneh pada awalnya. Tetapi, kapas akan membantu vagina untuk bernafas sementara menyerap keringat. Dengan menggunakan pantyliner ini anda juga menerapkan hidup go green lo. Sebab, anda membantu mengurangi sampah.
  • Seringlah melakukan ratus atau perawatan sendiri dirumah. Ratus biasanya dilakukan dengan menguapi area vagina dengan tujuan agar vagina memiliki aroma sedap. Tetapi biasanya untuk melakukan ratus dibutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Tips Membersihkan Vagina Di Toilet Umum
Apakah anda seirng bepergian dan menggunakan toilet umum? Toilet umum merupakan tempat terbaik bagi kuman untuk berkembang. Anda harus berhati-hati dan lebih waspada yang ladies. Menurut sebuah studi, lebih dari 100 kuman per inci persegi berkembang di toilet. Di Indonesia, toilet merupakan masalah yang masih membawa beberapa jenis penyakit. Presiden Asosiasi Toilet Indonesia, Naning Adiwoso menyatakan jenis toilet kering merupakan jenis toilet yang cocok diterapkan di Indonesia. Sayangnya, masyarakat kita belum terbiasa menggunakan toilet jenis ini, padahal keberadaan toilet kering sangatlah penting dikarenakan toilet basah dapat memicu munculnya keputihan yang disebabkan oleh bakteri dan jamur. Jika memang anda tidak dapat menghindari penggunaan toilet umum, anda dapat menggunakan tips di bawah ini :

1. Membawa Tisu
Selalu bawa tisu ini kemanapun . banyak kemasan sederhana yang dapat dibawa kemanapun. Tisu sangat berguna

2. Pilih WC Jongkok
Hasil jurnal penelitian dan pencernaan oleh Dr.Dov Sikirov dari laman yahoo.com menyebutkan, penggunaan toilet jongok sering sekali digunakan di belahan Asia dan Afrika., WC ini lebih sehat, karena tidak ada kontak langsung dengan kloset, sehingga potensi bakteri yang ada di toilet ini menjadi tidak ada.

3. Tutup Dengan Kertas Atau Tisu
Jika memang anda tidak tahan lagi dan terpaksa menggunakan toilet umum, maka gunakan tisu atau kertas handuk untuk menutupi bangian dudukan sebelum anda menggunakannya.

4. Hindari Kontak Dengan Lantai
Anda merasa aman menggunakan toilet umum? Anda salah, karena tidak ada yang mampu menjamin bagaimana kebersihan toilet umun yang anda gunakan. Selalu ada kemungkinan untuk kuman berkembang. Karena itulah jangan biarkan barang anda, seperti tas, rok dan sebagainya kotak langsung dengan lantai kamar mandi.

5. Bersihkan Tepat Pada Area Miss V
Kadang-kadang kita membersihkan area vagina dengan cara yang salah. Mencuci miss V yang benar adalah dari depan kearah rectum dan bukan sebaliknya. Hal ini berguna menghindari kuman di daerah belakang. Jika terpaksa menggunakan toilet umum, gunakan air yang mengalir langsung dari keran. Hal ini berguna untuk mencegah anda menggunakan ia penuh kuman. Hasil penelitian yang dilakukan oleh Dita Andira dalam bukunya Kesehatan Reproduksi Air menyebutkan, air yang ditampung merupakan penyebab perempuan mengalami keputihan dan gatal-gatal di daerah miss V.

6. Gunakan Kemudian Bersih
Istilah tepat bagi anda yang telah menggunakan toilet umum. Kenakan kemudian bersih, karena siapa lagi yang akan peduli dengan kebersihan air kalau bukan kita. Gunakan air yang cukup untuk menyiram toilet. Hematlah air dan pastikan kamar mandi bersih kembali setelah digunakan.

7. Cuci Tangan
Setelah menggunakan toilet atau membersihkan daerah kewanitaan, cucilah tangan anda untuk menghindari mikroorganisme yang menempel di tangan. Cucilah tangan selama 20-30 detik. Jangan lupa telapak tangan dan antara jari-jari tangan anda dan bawah kuku. Gunakan sabun cair anti bakteri untuk mencuci tangan dan bilas menggunakan air mengalir sebelum meninggalkan toilet.

Itulah tips bagi anda untuk menghindari diri dari keputihan dan selalu menjaga kebersihan, termasuk penggunaan toilet umum. Memang terkesan ribet ya, tapi tak ada salahnya demi kebersihan organ intim kita.

Saat mencukur, berhati-hari ya ladies, karena bisa jadi proses cukur yang anda lakukan salah, sehingga justru membuat bulu tumbuh ke dalam. Jika memang terdapat masalah, segera hubungi dokter terdekat anda.

Hindari mencuci terlalu dalam pada area vagina anda. Cukup bersihkan bagian luar saja. Jangan sampai terlalu dalam. Sebelum menggunakan obat apapun pada bagian vagina, sebaiknya berkonsultasi dahulu dengan dokter anda. Jangan sembarangan menggunakan obat-obatan yang belum diketahui kejelasannya.

 

The post Ini Cara Membersihkan Vagina yang Benar appeared first on Sahabat Wanita Cerdas.

Leave a Reply