https://infosehatcantik.web.id/
Berita UnikBaca Kumpulan Berita Unik Aneh Terbaru

Makanan Pengganti Nasi Untuk Penderita Diabetes

Diabetes memang dapat meningkat, namun sebagian besar kasus dapat dicegah dengan perubahan gaya hidup yang sehat. Makanan yang sehat ditambah diet yang seimbang juga akan mampu meningkatkan energi anda dan mood anda. Menderita diabetes bukan berarti anda harus menyerah dan mengkonsumsi makanan yang hambar. Anda tetap bisa menikmati makanan yang anda sukai tanpa harus merasa kelaparan, namun anda tetap harus mengikuti tips dokter.

Apakah anda sedang mencoba untuk mencegah atau mengontrol diabetes? Ada kabar baik untuk anda, karena diabetes dapat dikontrol dengan melakukan perubahan gaya hidup yang sehat. Hal paling penting yang dapat anda lakukan untuk menjaga kesehatan adalah, anda tidak harus menghilangkan seluruh berat badan anda. Para ahli mengatakan bahwa hanya dengan kehilangan 5%-10% saja dari total berat badan, anda sudah mampu membantu anda menurunkan gula darah plus menurunkan terkanan darah dan kadar kolesterol di dalam tubuh. Menghilangkan berat badan dan mengkonsumsi makanan sehat juga dapat memberikan efek terhadap suasana hati dan energi.

Anda dapat beresiko terkena diabetes, jika :

  1. Anda adalah wanita dengan lingkar pinggang 35 inci atau lebih
  2. Seorang pria dengan lingkar pinggang 40 inci atau lebih

Mitos dan Fakta Seputar Diabetes
Jika membicarakan diabetes mungkin saja banyak fakta dan mitos yang beredar. Mitos dan fakta ini menyebar dan tak jarang mitos ini justru menyesatkan. Apa saja?

  1. Mitos : Diet tinggi protein adalah yang terbaik
    Penjelasan : Penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak protein, teurtama protein sebenarnya menyebabkan resistensi insulin. Faktor kunci dalam dibabetes sebenarnya adalah diet yang seimbang, karena selain protein tubuh juga membutuhkan karbohidrat dan lemak.
  2. Mitos : Anda harus menghindari gula
    Penjelasan : Anda tetap dapat menikmati suguhan favorit anda selama anda merencanakan makanan anda dengan baik dan membatasi asupan gula yang anda konsumsi. Tidak harus terlarang, asalkan gula tersebut adalah rencana dari diet anda dan dikombinasikan dengan olahraga.
  3. Anda tidak akan lagi bisa makan secara normal, karena anda membutuhkan makanan diabetes khusus.
    Penjelasan : Prinsip makan yang sehat adalah diet yang seimbang.

Makanan diabetes yang mahal umumnya tidak memberikan manfaat khusus. Anda bisa tetap makan asalkan memperhatikan porsi dan jangan berlebihan.

Salah satu yang menjadi permasalahan bagi penderita diabetes adalah asupan nasi. Orang Indonesia yang sudah menjadikan nasi sebagai makanan pokok. Padahal asupan nasi untuk pendeirta diabetes perlu dibatasi.
Takaran nasi untuk penderita diabetes haruslah tepat, sebab jika nasi yang dikonsumsi terlalu banyak, maka kadar gula darah akan naik dan menyebabkan diabetes semakin parah. Karena itulah, banyak sekali penderita diabetes yang mencari pengganti nasi untuk penderita diabetes. Ada alternatif lain yang dapat digunakan sebagai pengganti nasi.
Makanan yang dapat dijadikan sebagai pengganti nasi bagi penderita diabetes adalah makanan yang memiliki kandungan karbohidrat kompleks. Berikut ini adalah beberapa macam makanan yang memiliki kandungan karbohidrat kompleks yang dapat digunakan sebagai pengganti nasi.

  1. Beras Merah
    Tak hanya memiliki kandungan karbohidrat kompleks, beras merah juga kaya akan serat dan vitamin B. Serat inilah yang membantu meningkatkan kepekaan sel di dalam tubuh dalam menerima hormon insulin. Vitamin B di dalam beras dapat membantu mencukupi kebutuhan vitamin di dalam tubuh.
  2. Beras Hitam
    Sebenarnya beras hitam adalah varian dari beras putih yang sehari-hari kita konsumsi. Hanya saja, beras hitam ini melalui proses penggilingan yang lebih sedikit. Karena itulah, nutrisi yang dimiliki oleh beras hitam jauh lebih besar dibandingkan beras putih.
  3. Beras Cokelat
    Beras cokelat juga sama seperti beras merah maupun hitam. Perbedaannya terletak pada proses penggilingannya. Karena itulah beras cokelat juga memiliki manfaat yang hampir sama dengan beras hitam.
  4. Roti Gandum
    Roti gandum juga merupakan salah satu pengganti nasi yang sangat baik, sebab selain memiliki kandungan karbohidrat kompleks, roti gandum juga memiliki kandungan serat dan protein nabati. Karena itulah, roti gandum tidak hanya mampu mencegah peningkatan kadar gula saja, namun mengkonsumsi roti gandum juga dapat membantu mencukupi kebutuhan serat dan protein di dalam tubuh.

Makanan Untuk Penderita Diabetes
Penderita diabetes sebaiknya memang harus memperhatikan asupan makanannya. Penderita diabetes tidak boleh sembarangan dalam mengkonsumsi makanan. Ada beberapa makanan yang tidak dianjurkan dan beberapa makanan yang dianjurkan bagi penderita diabetes. Apa saja?

  • Karbohidrat
    Kandungan karbohidrat dapat diperoleh dengan mengkonsumsi beras, singkong, ubi, sagu, tepung terigu, sau, dan tepung singkong. Sedangkan biscuit dan crackers sangat tidak dianjurkan bagi penderita diabetes.
  • Protein Hewani
    Protein hewani dapat diperoleh melalui daging sapi, ikan, telur, susu, ayam, ikan, dan hasil olahan lainnya. Sedangkan daging dan ikan yang diawetkan sangat tidak baik untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes.
  • Sayuran
    Untuk penderita diabetes, sebaiknya pilih sayuran yang memiliki kandungan kalium yang rendah, seperti kangkung, sawi, terong, dan wortel. Penderita diabetes tidak disarankan mengkonsumsi sayuran yang tinggi kalium, seperti tomat, kol, bayam, bit, daun bawang, kembang kol, waluh, rebung.
  • Buah-Buahan
    Penderita diabaetes sebaiknya memilih buah dengan kandungan kalium yang rendah, seperti mangga, markisa, melon, semangka, nagka, pir, salak, sawo, dan wortel. Sedangkan buah yang tinggi kalium diantaranya adalah jeruk, pepaya, pisang, jambu biji, arbei, dan sebagainya.
  • Minuman
    Kurangilah minumah yang mengandung banyak gula, apalagi beralkohol dan bersoda. Sebaiknya minumlah air pti atau jus buatan sendiri yang lebih sehat.

 

The post Makanan Pengganti Nasi Untuk Penderita Diabetes appeared first on Sahabat Wanita Cerdas.

Leave a Reply