https://infosehatcantik.web.id/
Berita UnikBaca Kumpulan Berita Unik Aneh Terbaru

Radang Amandel Bengkak dan Cara Pengobatannya

Tonsillitis adalah peradangan amandel , jaringan yang berada di sisi belakang tenggorokan. Keberadaannya membantu sistem kekebalan tubuh untuk melindungi tubuh dari infeksi yang mungkin masuk ke dalam tubuh melalui mulut. Saat amandel terinfeksi, mereka akan membesar dan memerah.

Infeksi amandel mungkin saja menular dan dapat menyebar dari orang ke orang melalui kontak dengan mulut, tenggorokan, atau lender seseorang yang terinfeksi.

Gejala Tonsillitis 
Gejala tonsillitis termasuk sakit tenggorokan, demam, pembengkakan kelenjar dan leher, dan kesulitan menelan.

Pengobatan Tonsillitis
Pengobatan tonsillitis tergantung dari penyebab tonsillitis itu sendiri. Apakah disebabkan oleh virus atau bakteri kelompok tertentu. Dokter biasanya tidak mampu membedakannya hanya dengan melihat. Biasanya harus dilakukan tes khusus untuk mengeceknya.

Jika tonsillitis disebabkan oleh virus, maka tubuh akan melawan infeksi sendiri. Jika disebabkan oleh bakteri, dokter mungkin akan memberikan resep antibiotik. Jika demikian, pastikan antibiotik dikonsumsi sampai habis walaupun penyakit anda telah membaik.

Anak-anak biasanya akan mendapatkan tonsillitis lebih sering (lebih dari 5-7 kali dalam periode 12 bulan) atau dalam beberapa tahun. Dokter mungkin akan merekomendasikan dokter yang ahli di bidang amandel untuk mengoperasi amandel.

Kadang-kadang anak-anak mendapatkan operasi untuk mengangkat amandel mereka, tetapi hanya jika amandel mereka terinfeksi banyak selama tahun atau begitu besar mereka membuat sulit bagi anak untuk bernapas di malam hari.

Merawat Tonsillitis
Anak-anak dengan tonsillitis perlu banyak makan dan istirahat. Jika menelan sulit, anda harus melayani anak dengan membuatkan makanan yang sedikit lunak, seperti sup, smothies, milkshake, dan sebagainya.

Pastikan anak anda minum banyak cairan dan mendapatkan banyak istirahat. Periksa suhu badannya secara teratur. Gunakan pereda nyeri, seperti acetaminophen atau ibuprofen, untuk nyeri tenggorokan. Jangan memberikan aspirin atau produk lain yang mengandung aspirin, meskipun, karena ini dapat menempatkan anak-anak pada risiko sindrom Reye, suatu penyakit yang dapat memiliki komplikasi serius.

Jauhkan gelas minum seseorang yang sedang sakit. Pisahkan peralatan makannya dan cucilah menggunakan air panas dengan sabun anti bakteri. Semua anggota keluarga harus sering mencuci tangannya.
Jika anda memulai terapi antibiotik, buanglah sikat gigi dan ganti dengan yang baru satu atau dua hari setelah memulai pengobatan.

Mencegah Tonsillitis
Jagalah diri dari orang-orang yang sakit amandel atau tenggorokan dan pastikan setiap orang di dalam keluarga selalu mencuci tangan.

Di bagian belakang tenggorokan anda terdapat satu amandel berada di kanan, dan satu lagi berada di sebelah kiri. Mereka adalah salah satu bagian untuk membantu memerangi kuman yang masuk ke dalam tubuh melalui mulut. Tapi apa jadinya jika pejuang infeksi ini terinfeksi?

Apa Yang Akan Dokter Lakukan
Dokter akan menanyakan apa yang anda rasakan dan melihat amandel anda. Biasanya dokter akan menggunakan bantuan tongkat kayu yang berguna untuk menekan lidah agar dapat melihat jelas apa yang terjadi disana.

Dokter mungkin juga akan melihat ke dalam telinga maupun hidung, mendengarkan dada, dan melihat bagian leher. Hal ini berguna untuk mencari tanda-tanda infeksi. Bakteri dan virus dapat menyebabkan radang tonsitis. Jika anda mengalami infeksi, maka anda membutuhkan obat yang disebut antibiotik untuk membunuh bakteri.

Untuk memeriksa radang, dokter akan menggunakan kapas untuk memeriksa bagian belakang tenggorokan anda. Tes ini tidak sakit, tetapi biasanya akan membuat anda muntah. Untuk mendapatkan hasilnya dibutuhkan waktu 1-2 hari. Jika ingin hasil yang lebih cepat, maka dokter akan melakukan tes serupa yang disebut tes strep sepat. Tes ini akan memberitahu dokter hanya dalam hitungan menit saja.

Tips Bagi Penderita Tonsillitis

  • Minum banyak cairan.
  • Jika Anda mengalami kesulitan menelan makanan biasa, Anda bisa makan makanan halus. Tenang saja sampai Anda merasa lebih baik.
  • Segera amandel Anda akan kembali beraksi dan siap untuk melawan kuman lagi!

Tentang tonsilektomi
Dokter mungkin merekomendasikan operasi pengangkatan amandel, disebut tonsilektomi, karena anak yang memiliki satu atau lebih dari hal berikut:

Tonsillitis atau radang infeksi berulang

  • Amandel bengkak dan membuat pasien sulit untuk bernapas, terutama saat tidur
  • Kesulitan makan daging atau makanan kenyal
  • Kesulitan tidur yang mungkin mempengaruhi kegiatan sehari-hari anak
  • Mendengkur dan apnea tidur obstruktif (ketika seseorang berhenti bernapas selama beberapa detik pada suatu waktu saat tidur karena pembesaran amandel yang sebagian menghalangi jalan napas)

Operasi, tidak peduli seberapa umum atau sederhana prosedur, sering menakutkan bagi anak-anak dan orang tua. Anda dapat membantu mempersiapkan anak Anda untuk operasi.
Selama tonsilektomi anak Anda akan menerima anestesi umum. Ini berarti operasi akan dilakukan di ruang operasi sehingga ahli anestesi dapat memonitor anak Anda. Anestesi juga akan menjaga anak anda aman dan nyaman, karena anak akan tertidur selama prosedur.

Operasi akan memakan waktu sekitar 20 menit.
Operasi ini dilakukan melalui mulut terbuka anak Anda – tanpa sayatan (luka) melalui kulit.
Anak anda akan bangun saat pemulihan. Mungkin anak anda akan diminta untuk menghabiskan beberapa jam atau mungkin semalam di rumah sakit. Banyak anak-anak pulang pada hari yang sama, meskipun beberapa mungkin memerlukan pengamatan semalam. Secara umum, anak-anak di bawah 3 tahun dan orang-orang dengan masalah tidur yang signifikan (seperti apnea) akan tinggal semalam untuk observasi.

Jarang sekali anak-anak dapat menunjukkan tanda-tanda perdarahan, yang akan membutuhkan perawatan kembali ke ruang operasi.

Tergantung pada teknik bedah, penyembuhan setelah tonsilektomi mungkin memakan waktu hingga satu minggu atau lebih. Mengharapkan beberapa rasa sakit dan ketidaknyamanan akibat pemaparan dari otot tenggorokan setelah amandel hilang. Hal ini dapat mempengaruhi kemampuan anak Anda untuk makan dan minum dan kembali ke aktivitas normal.

Tonsilektomi intracapsular, adalah salah satu variasi pada teknik tonsilektomi tradisional, di mana semua jaringan tonsil yang terlibat diambil tetapi lapisan kecil jaringan tonsil yang tersisa di tempat untuk melindungi otot tenggorokan dibiarkan. Akibatnya, pemulihan jauh lebih cepat karena sebagian besar anak-anak mengalami sedikit rasa sakit, tidak perlu banyak obat penghilang rasa sakit yang kuat, dan dapat lebih mudah untuk makan dan minum. Selain itu, risiko perdarahan setelah operasi secara signifikan dapat dikurangi dengan tonsilektomi tradisional. Namun, jaringan yang dibiarkan tersisa dapat kembali membesar ulang atau menjadi terinfeksi dan memerlukan operasi amandel lebih, tapi ini terjadi dalam waktu kurang dari 1% dari anak-anak yang menjalani tonsilektomi intracapsular.

Baca Juga : Cara Mengatasi Amandel Bengkak Dengan Cara Alami

The post Radang Amandel Bengkak dan Cara Pengobatannya appeared first on Sahabat Wanita Cerdas.

Leave a Reply